15 Mei 2012

TV LG GOLDEN EYE series Transistor horizontal panas

Beberapa Bulan yang lalu saya mendapatkan garapan TV LG golden eye 21" dengan kerusakan Mati. setelah saya cek ternyata ditemukan transistor Horizontal dalam keadaan short, langsung saja saya copot itu Tr sebelum saya pasang dengan Horizontal baru, mulai mengukur tegangan B+ dan ternyata normal-normal saja. tanpa fikir panjang saya tancapkan tr Horizontal baru wett....wetttt... solderrr inii soldeer ituu.. :D selesai tinggal tess. 1...2..3.. dan ceplinggg... tvpun menyala senang sekali hati saya,,
tapi apa yang terjadi saat saya menyentuh heatsink Tr horizontalnya..??? belum ada 1 menit heatsinknya panas sekali,, "wahh ada yang gk beres ini" dalam hatiku.. hehehe... saya coba cek bagian defleksi yoke ternyata gk ada masalah, "apa flybacknya yg bermasalah ya??"
langsung saya lihat di stock flyback 154-177B ternyata ada dan langsung saya tancapkan di mainboard. tv saya nyalakan lagi tapi nihil trnyapun masih tetep panas. coba tanya rekan-rekan di internet masih belum ada solusi yang pass.

setelah saya tinggalkan beberapa hari, saya berfikir "bagaimana kalau meniru horizontal tv 29inch???"..
iseng-iseng ambil tr ac matic  di laci plus dioda dumper bekas monitor komputer,, kemudian saya pasang tr ac matic (Transistor yang tidak ada diodanya) itu dengan dioda dumper pada kaki kolektor-emitornya.. dan ternyata setelah saya nyalakan kurang lebih 1 jam tidak panas cuma hangat saja (suhu normal),, alhamdulillah akhirnya selesai juga garapan tv LG ini berkat dari keisengan saya,, hehehehe :D

KESIMPULANYA : apa yang menyebabkan Tr hor panas..??? itu dikarenakan dioda dumper yang ada di dalam tr hor tersebut tidak begitu kuat jadi menimbulkan panas yang berlebih,, Tr untuk horizontal Tv ini harus yang asli dr Dealer LG,, untuk yang tr hor yang ada di pasaran pasti akan menimbulkan panas yang berlebih,,,
semoga dari coretan saya ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan teknisi semua,, amien

1 komentar: